proposal kewirausahaan Selimut Kingkong (keju-singkong)
PROPOSAL
USAHA BISNIS SELIMUT KINGKONG
(KEJU-SINGKONG)
Dibuat
sebagai tugas mata kuliah
Kewirausahaan
Dosen Pengampu :
M.
Zainuddin lutfi fauzi, M.Sosio
Di Susun Oleh Kelompok 6 :
Muhammad Wasil Hefdi 150521100072
Alfiyati Nur
Hikmah 150521100049
M. Fatkah Aripin
150521100055
Alvin Mufattihul
Asror 150521100059
Muhammad
Muhyiddin 150521100061
Nadhrotus Salamah 150521100071
PROGRAM STUDI SOSIOLOGI
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU
BUDAYA
UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA
BANGKALAN
2017
KATA
PENGANTAR
Puji syukurpenulis
panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas rahmat dan karunia-Nya,
akhirnya penulis dapat menyelesaikan proposal dengan judul “Usaha Bisnis Selimut Kingkong
(Keju-Singkong)” dalam mata kuliah Kewirausahaan ini dapat selesai tepat pada waktunya.
Dalam penyusunan makalah ini, penulis
memperoleh banyak bantuan dari berbagai pihak. Penulis menyadari bahwa penyusunanmakalah ini masih jauh dari kesempurnaan, maka kritik dan
saran yang bersifat membangun sangatlah dibutuhkan guna memperbaiki kekurangan
yang ada. Akhir kata penulis berharap makalahini dapat memberikan wawasan dan pengetahuan kepada para pembaca pada umumnya
dan pada penulis pada khususnya.
Bangkalan, 27 September 2017
Tim Penulis
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL........................................................................................................ i
KATA PENGANTAR...................................................................................................... ii
DAFTAR ISI..................................................................................................................... iii
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
............................................................................................. 1
1.2 Rumusan
Masalah......................................................................................... 2
1.2 Tujuan Penulisan
.......................................................................................... 2
1.3 Manfaat usaha
............................................................................................... 2
BAB II PEMBAHASAN
2.1 Nama
Produk.................................................................................................. 3
2.2 Bahan
dan Cara
Pembuatan............................................................................ 4
2.3
Perencanaan Pemodalan.................................................................................. 4
2.4 Situasi
persaingan........................................................................................... 5
2.5 sasaran............................................................................................................
5
2.6 promosi
penjualan........................................................................................... 5
2.7 Analisis
SWOT............................................................................................... 5
BAB III PENUTUP
3.1 Kesimpulan
........................................................................................................ 7
DAFTAR PUSTAKA.........................................................................................................
BAB
1
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Perkembangan
zaman membuat semua serba praktis setiap
orang mengiginkan yang mudah dan cepat dalam kegiatan kehidupan sehari-hari
termasuk dalam hal memilih makanan yang cepat sehingga ini muncul berbagai
makanan cepat saji seperti halnya pizza,Mc Donald bahkan hal seperti ini menjdi
gaya hidup atau life style masyarakat khususnya masyrakat Indonesia. Pilihan
makanan bukan hanya karena selera rasa namun menjadi life style masyarakat.
Madura
adalah salah satu kepulauan yang memiliki Sumber Daya Alam yang tinggi seperti
halnya perkebunan dan pertanian yang membentang di setiap pelosok desa madura
salah satu sumber daya alam yang ada di madura adalah patani singkong. Perlu
kita ketahui bahwa singkong memiliki kandungan gizi yang lebih tinggi selain
itu juga banyaknya tumbuhan singkong di madura sehimgga ini akan menjadi
peluang produk madura untuk mengembangkan perekonomian petani
singkong madura yang di sukai dan di cari oleh konsumen.
Namun
faktanya pemangfaatan singkong oleh masyrakat madura belum maksimal. Seiring
perkembangan zaman yang di jelaskan di atas bahwa makanan bukan hanya menjadi
kebutuhan untuk menghilangkan lapar atau selera makan namun juga menjadi life
style. Sehimgga jika di lihat perlu adanya sebuah inovsi terbaru dalam
memangfaatkan singkong madura dalam perkembangan perekonomian petani singkong.
Untuk itu kelompok kami memangfaatkan singkong madura sebagai salah satu bahan
dalam produk kami yaitu makanan selimut singkong.
Fokus
target pemasaran kami adalah pada
mahasiswa Universitas Trunojo Madura (UTM), dari penelitian dan analisis kami
bahwa mahasiswa UTM lebih menyukai makanan yang memiliki harga terjangkau,
praktis serta cukup mengenyangkan. Sehingga kami membuat sebuah inovasi yang
tak kalah praktis cepat saji namun tetap tidak menghilangkan nilai
tradisonalnya dengan memangfaatkan SDA masyrakat lokal (Madura). Sehingga
inovasi makanan ini dapat menarik konsumen karena harga yang terjangkau serta
mengenyangkan dan ini akan menjadi salat satu sumber inovasi petani singkong di
madura dalam pengembangan perekonomiannya.
1.2
Rumusan Masalah
1.
Apa saja bahan baku dan bagaimana cara
pembuatan produk selimut singkong ?
2.Bagaimana
analisis SWOT dari produk selimut singkong ?
1.3
Tujuan Penulisan
1.
Untuk mengetahui saja bahan baku dan bagaimana cara pembuatan produk selimut singkong
2.Uuntuk
mengetahui analisis SWOT dari produk selimut singkong
1.4
Manfaat Usaha
a. Manfaat Ekonomi
usaha selimut kingkong ini cukup menjanjikan, karena
keuntungan yang didapat cukup besar. Produk yang ditawarkan dijual dengan harga
yang tergolong murah untuk segala kalangan tetapi kualitas produk yang dijual
selalu dijaga dan dijamin kebersihan dan kesehatannya. Dari usaha ini
diharapkan dapat mengahsilkan keuntungan.
b. Manfaat Sosial
manfaat
yang didapat oleh pemilik usaha selain keuntungan laba dari penjualan juga
dapat menjadikan pengalaman berharga dalam berbisnis untuk kedepannya
menjalankan bisnis-bisnis lain. Dengan adanya selimut kingkong ini, dapat
sebagai alternativ bagi masyarakat untuk menikmati singkong dengan varian yang
berbeda. Serta dapat membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat jika nantinya
usaha ini berkembang pesat dan sukses
BAB II
PEMBAHASAN
2.1
Nama Produk
Produk kewirausahaan kali ini kami namai dengan nama “Selimut
Kingkong(Keju-Singkong). Produk ini adalah berbahan dasar dari singkong yang
memiliki nama ilmiah Manihot Esculenta.singkong merupakan salah satu
jenis umbi-umbi an yang cukup banyak diminati oleh masyarakat. selain rasanya
yang cukup enak, singkong dikenal dengan kaya akan kandungan zat gizi
didalamnya, seperti karbohidrat yang diperlukan oleh tubuh sebagai salah satu
bahan energi untuk beraktifitas sehari-hari. Bahan lainnya adalah keju, rasanya
yang gurih dan juga mengandung kalsium yang baik untuk tubuh menjadikan bahan
ini cukup familiar dan digemari oelh orang-orang pada saat ini. bahan pelengkap
lainnya adalah kulit lumpia dan susu kental manis, dalam hal ini susu yang
dipilih adalah susu cokelat, karena dinilai lebih banyak digemari oleh semua
kalangan masyarakat. beberapa bahan tersebut kemudian dipadukan dan
menghasilkan rasa yang enak dan menarik.
Kreasi produk olahan singkong ini
hampir sama dengan PisCok (Pisang Cokelat) yang ada dipasaran. Perbedaan
dengan produk ini terletak pada penggunaan pisang yang digantikan dengan
singkong. Inovasi ini dilakukan karena singkong memiliki kandungan karbohidrat
yang baik untuk tubuh dan memiliki rasa yag tidak terlalu manis sehingga cocok
untuk dijadikan perpaduan dengan susu kental manis dan keju yang gurih sehingga
rasanya seimbang. Pemilihan singkong sendiri dilakukan dengan alasan karena
keberadaan jenis umbi-umbi an ini mudah untuk dijumpai di pasaran dan harganya
tergolong terjangkau. Singkong sendiri biasanya diolah dengan digoreng atau
direbus saja, atau dibuat keripik dan tak jarang singkong jarang dilirik untuk
dijadikan bahan konsumsi. Kali ini olahan singkong coba dibuat dikreasikan
layaknya lumpia yang berbahan sayur. Singkong dijadikan isian lumpia dengan
tambahan parutan keju dan susu kental manis. Cita rasa manis dan gurih
dijadikan menjadi satu yang menjadi suatu hal yang menarik di lidah konsumen.
Makanan olahan dari singkong ini banyak disukai oleh semua kalangan dari
anak-anak hingga orang dewasa. Pembuatannya sendiri tergolong mudah dan tidak
begitu rumit dan tidak memakan waktu yang cukup lama.
Peluang usaha produk “Selimut Kingkong(Keju-Singkong)” ini menjadi
salah satu peluang usaha yang cukup menguntungkan serta semakin menambah daftar
kreasi makanan yang terbuat dari olahan singkong yang tidak itu-itu saja tetapi
lebih bervariasi sehingga keberadaan singkong dapat dimanfaatkan dengan baik
dan mendapatkan peluang usaha yang cukup menjanjikan.
2.2 Bahan dan cara pembuatan
Pembuatan produk kewirausahaan ini mebutuhkan bahan sebagai
berikut:
a.
Singkong
b.
Keju
c.
Susu
kental manis (cokelat)
d.
Kulit
lumpia
e.
Minyak
goreng
Cara pembuatan produk Selimut
Kingkong
a.
Kupas
singkong kemudian cuci bersih dengan air mengalir, potong menjadi beberapa
bagian. Lalu kukus selama kurang lebih 30 menit, setelah itu potong singkong
membentuk dadu.
b.
Siapkan
kulit lumpia, letakkan dan tata potongan singkong dadu memanjang, kemudian
taburkan parutan keju dan tambahkan susu kental manis diatasnya
c.
Lipat
isian tadi menjadi gulungan layaknya lumpia pada umumnya
d.
Kemudian
goreng dengan menggunakan minyakgoreng dan api sedang hingga berwarna cokelat
keemasan
e.
Angkat
lalu tiriskan
2.3 Perencanaan pemodalan
No
|
Uraian
|
Satuan
|
Harga
satuan
|
Jumlah
|
1.
|
Singkong
|
1,5kg
|
Rp. 6.000/kg
|
Rp. 9.000
|
2.
|
keju
|
1pcs
|
Rp.
12.000
|
Rp. 12.000
|
3.
|
Susu
kental manis
|
1 kaleng
|
Rp. 10.000
|
Rp. 10.000
|
4.
|
Kulit
lumpia
|
3 pcs
|
Rp. 2.500
|
Rp. 7.500
|
5.
|
Minyak
goreng
|
500ml
|
Rp. 11.000
|
Rp. 11.000
|
|
Jumlah
|
|
|
Rp. 49.500
|
Total modal awal yang dibutuhkan
untuk memulai membuat produk selimut kingkong ini adalah sebesar Rp. 49.500,-
Dengan modal diatas produk yang
dihasilkan adalah sebanyak 30 biji, dijual dengan harga satuan senilai Rp.
2000,-
Jadi, jumlah produk X harga jual
satuan = 30 X Rp. 2000 = Rp. 60.000
Modal awal = 49.500
Perkiraan keuntungan yang didapat
setiap kali pembuatan produk adalah Rp. 60.000 – 49.500 = Rp. 10.500 .
2.4 Situasi Persaingan
Perhatian masyarakat yang saat ini
sudah mulai bermunculan membuat usaha
makanan atau jajanan berbahan dasar singkong membuat kami mengatur strategi
sedemikian rupa untuk menarik perhatian para konsumen agar membeli singkong
selimut ini. dengan situasi pesaing yang cukup banyak ini, kami berusaha
berinovasi agar produk olahan berbahan dasar singkong ini dapat disukai oleh
konsumen dan bersaing dipasaran dengan respon yang cukup baik.
2.5 Sasaran
Dalam usaha ini sasaran yang saya
tuju adalah semua lapisan masyarakat yang menyukai produk olahan singkong
terutama mahasiswa atau warga kampus Universitas Trunojoyo Madura.
2.6 Promosi Penjualan
Agar usaha singkong selimut ini
lancar kami melakukan promosi dengan cara pemanfaaatan media sosial untuk
mengenalkan produk jualan kami dengan sasaran konsumen yang lebih luas.
2.7 Analisis
SWOT dalam perkembangan usaha
·
Strenght (kekuatan):
1. Harganya
yang terjangkau.
2. Mempertahankan
cita rasa dari singkong
3. tidak
memerlukan banyak modal
4. bahan baku
yang digunakan mudah didapat
5. pembuatan
nya tidak terlalu sulit
·
Weakness (kelemahan):
1. tidak
mempunyai cukup dana
2. saingan
dalam berbisnis cukup banyak dan sudah banyak penjual lain
3. Tidak dapat
memenuhi pesanan dalam jumlah banyak, karena produk dibuat dalam jumlah
terbatas dan waktu yang cukup lama.
·
Opportunity (Peluang):
1. Pesaing yang
banyak akan membuat usaha singkong selimut ini tampil beda dari para penjual olahan
makanan berbahan dasar singkong lainnya.
2. bentuk
olahan ini yang berupa jajanan ringan menjadikan banyak permintaan yang cukup
tinggi, karena berbahan dasar singkong yang berupa zat karbohidrat dapat
memenuhi kebutuhan energi mahasiswa yang biasanya jarang untuk menyempatkan
diri menyantap sarapan.
·
Threat (Ancaman):
1. Ada beberapa
singkong yang didapat dalam kondisi jelek yang dapat mempengaruhi hasil olahan
produksi
2. Banyak
bermunculannya produk olahan singkog menarik lainnya yang bersaing untuk
menarik hati para konsumen.
3. perubahan
selera para konsumen
BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Menurut pandangan dari kami, usaha ini akan berkembang dan mendapatkan
respon baik dari konsumen. Meskipun dari beberapa penjual yang sudah
bermunculan membuat inovasi jajanan olahan berbahan dasar singkong yang tak
kalah menarik. Produk yang akan kami buat adalah selimut kingkong(keju dan
singkong). Sesuai dengan namanya produk ini. berbahan dasar singkong dan
ditambah kan keju serta susu kental manis didalamnya kemudian dibungkus dengan
kulit luaran martabak, lumpia dan sejenisnya.
Produk ini dibuat dalam bentuk jajanan ringan, namun tidak mengesampingkan
kandungan gizi didalamnya. Seperti halya bahan dasar yang digunakan adalah singkong
yang kaya akan karbohidrat, serta ada keju dan susu kental manis yang dapat
memberi asupan energi bagi yang menyantapnya. Produk jajanan ini memiliki
pangsa pasar dari segala usia, baik anak kecil hingga orang dewasa. Hal ini
karena produk ini memiliki cita rasa manis dan gurih yang disukai oleh banyak
kalangan. Proses cara pembuatan produk selimut kingkong ini juga terbilang
tidak rumit dan bahan baku nya dapat dengan mudah didapat di pasar an. Dan dari
produk selimut kingkong ini diharapkan menjadi usaha yang menjanjikan dan
mendapatkan laba atau keubtungan yang dapat diperhitungkan.
Dengan selesainya proposal kewirausahaan ini, kami berharap dapat segera
mewujudkan usaha bisnis yang telah kami rencanakan ini. segala saran dan kritik
yang membangun sangatlah kami harapkan, karena kami menyadari bahwa proposal
ini masih jauh dari kata sempurna.
Komentar
Posting Komentar